MIKROTIK

Pengertian Mikrotik

Pengertian Mikrotik yaitu suatu sistem operasi termasuk di dalamnya piranti lunak yang dipasang disuatu komputer sehingga komputer itu bisa bertindak juga sebagai jantung network, pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan, komputer tipe ini di kenal dengan nama router. Jadi intinya mikrotik yaitu salah satu sistem operasi khusus untuk router. Mikrotik di kenal juga sebagai salah satu Router OS yang handal dan mempunyai sangat banyak fitur untuk mendukung kelancaran network.

Fungsi mikrotik


Router Mikrotik dapat dipakai pada jaringan komputer bertaraf kecil atau besar, hal semacam ini tentu sesuai pada resource dari pada komputer tersebut. Bila mikrotik dipakai untuk mengatur network kecil maka pemakaian piranti komputernya dapat yang biasa-biasa saja, tetapi bila yang diakukannya yaitu jaringan bertaraf besar seperti kelas ISP jadi pemakaian piranti komputernya juga harus yang betul-betul handal yang mempunyai spesifikasi tinggi.

Sistem Level Lisensi Mikrotik

Mikrotik tidaklah piranti lunak yang gratis bila anda mau memakainya dengan cara penuh, diperlukan lisensi dari MikroTiks agar bisa menggunakanya dengan kata lain berbayar. Mikrotik di kenal dengan arti Level pada lisensinya. Ada dari mulai Level 0 lalu 1, 3 sampai 6, untuk Level 1 yaitu versus Demo Mikrotik bisa dipakai dengan cara gratis dengan beberapa fungsi yang sangat terbatas. Tentu tiap-tiap level memilki kekuatan yang berlainan sesuai sama harga nya, Level 6 yaitu level paling tinggi dengan manfaat yang paling komplit.



Singkatnya dapat digambarkan terangkan seperti berikut :

Level 0 (gratis) ; tidak memerlukan lisensi untuk memakainya dan pemakaian fitur cuma dibatasi sepanjang 24 jam sesudah instalasi dikerjakan.
Level 1 (demo) ; pada level ini anda bisa memakainya sbg manfaat routing standard saja dengan 1 penyusunan dan tidak mempunyai limitasi waktu untuk memakainya.
Level 3 ; telah meliputi level 1 ditambah dengan kekuatan untuk menajemen semua piranti keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet serta pengelolan piranti wireless jenis client.
Level 4 ; telah meliputi level 1 dan 3 ditambah dengan kekuatan untuk mengelola piranti wireless jenis akses point.
Level 5 ; meliputi level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kekuatan mengelola jumlah pemakai hotspot yang semakin banyak.
Level 6 ; meliputi seluruhnya level serta tidak mempunyai limitasi apa pun.

 

Cara Belajar Mikrotik dari Awal : Dasar Seting Mikrotik


Langkah pertama : Mengenal command
Untuk setting mikrotik kita tentu harus tahu basic command mikrotik. Sebetulnya tidak susah untuk belajar perintah dasar mikrotik. Selanjutnya ada tombol “tab”  yang akan sering di perlukan. Selain command, untuk setting mikrotik bisa juga dengan mode GUI menggunakan winbox. Setelah kenal command Dan winbox, harus tahu langkah selanjutnya yaitu:
Langkah kedua : mengenal hierarki menu.
Mikrotik di Susun berdasarkan menu dan sub menu. Menu dan sub menu di winbox mikrotik tidak sama persis dengan command line interface (CLI).  Sebagai contoh : untuk menambah user,  di winbox kita bisa memilih SYSTEM | USER namun di CLI hanya “/user”.
OK. setelah lancar dengan langkah pertama dan kedua saat nya untuk praktek nyata.  Silakan setting agar mikrotik kita digunakan sebagai gateway internet dengan topologi:
[inet]–[modem]a–b[mikrotik]c–d[laptop]
a=192.168.1.1
b=192.168.1.2, colok di ether1 mikrotik
c=192.168.2.1,  colok di ether2 mikrotik
d=192.168.2.2

MIKROTIK
Item Reviewed: MIKROTIK 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!